BogorOne
Akurat dan Terpercaya

7.124 Siswa MA di Kabupaten Bogor Ikuti UAMBN-BK

0 61

 

BogorOne | Cibinong – Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kabupaten Bogor Badruzaman mengatakan tahun 2018 siswa madrasah Aliyah yang mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional berbasis Komputer (UAMBN-BK) Tahun 2018 sebanyak 7.124 siswa.

“Jumlah total siswa yang ikut UAMBN-BK di Kab Bogor sebanyak 7.124 orang,” ungkap Badru.

Jumlah ini, sambung dia, terdiri dari berbagai jurusan mata pelajaran atau peminatan yaitu IPA 1.901 orang, IPS 4.810 orang dan Agama 397 orang.

“Alhmadulillah secara kuantitas kita banyak, semoga mereka nantinya bisa memberikan kontribusi terbaik bagi lulusan di Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Ujian yang diprogramkan pemerintah, menurutnya tidak terlepas dari tujuan nasional pendidikan yaitu meningkatkan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indoensia seutuhnya.

Tujuannya kata dia, supaya menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani

Selain itu juga agar memiliki kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

“Ini tujuan besar atau tujuan bersama kita, makanya ujian menjadi salah satu komponen peningkatan ini,” imbuhnya.

Termasuk pelaksanaan USBN, UAMBN-BK dan UNBK. Dimana UAMBN memiliki fungsi sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan pemetaan mutu madrasah, umpan balik dalam perbaikan program pembelajaran pada MTs danMA/MAK, alat pengendali mutu pendidikan serta sebagai pendorong peningkatan mutu pendidikan pada MTs danMA/MAK.

“Pendidikan nasional kita berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,” pungkasnya. (Dei)

Komentar
Loading...