BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Bagaimana Cara Melawan Kantuk Saat Puasa?? Ini Lho Tipsnya

0 39

 

BogorOne.com | Cibinong – Sering merasa mengantuk saat puasa? Apalagi di jam kritis seperti setelah berbuka atau setelah sahur. Hmm, jika dibiarkan bisa jadi kamu tidak fokus beribadah karena mengantuk.

Well, ternyata mengantuk di saat jam-jam itu bukan tanpa sebab. Ada penjelasan ilmiahnya mengapa kamu merasa mengantuk setelah buka puasa dan sahur.

Jenis makanan yang kamu konsumsi saat sahur dan berbuka dapat menyebabkan mengantuk. Terlalu banyak mengonsumsi gula inilah yang membuat kamu mudah merasa mengantuk.

Nah, agar tidak mengantuk setelah sahur dan berbuka ikuti tips dari vemale di bawah ini.

1. Perbanyak Makan Buah dan Sayur. Saat berbuka dan sahur usahakan untuk mengonsumsi buah dan sayur. Kandungan vitamin pada buah dan sayur ini akan membantu meningkatkan energi kamu, membuat kenyang tapi tubuh tidak terlalu mengeluarkan tenaga untuk mencernanya.

2. Perbanyak Konsumsi Protein
Kamu dapat memperoleh protein dari daging dan telur. Protein sangat lambat dicerna, sehingga membantu kamu tetap kenyang. Baiknya protein juga membantu kamu untuk tetap fit dan semangat selama puasa sehingga tidak mengantuk.

3. Perbanyak Konsumsi Karbohidrat Kompleks. Karbohidrat kompleks dapat ditemukan pada biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, dan juga sayuran. Karbohidrat kompleks kaya akan kandungan serat yang baik untuk pencernaan dan merupakan sumber energi bagi tubuh.

Proses pencernaan karbohidrat kompleks ini bertahap sehingga tidak akan membuat kamu mengantuk. Selain itu karbohidrat kompleks akan membantu kamu tetap kenyang dalam waktu lama sehingga tidak mudah lapar.

4. Porsi Makan yang Cukup
Saat sahur dan buka puasa usahakan untuk mengonsumsi makanan yang cukup dan tidak berlebihan. Porsi makan yang berlebih akan membuat kamu mudah mengantuk, jadi pastikan kamu mengonsumsi menu buka dan sahur dengan porsi yang cukup. Net (Wan)

Komentar
Loading...