BogorOne
Akurat dan Terpercaya

BNNK Tes Urine Ratusan Napi di Lapas Paledang

0 75

BogorOne | Kota Bogor – Untuk memastikan tidak ada pengendalian bisnis narkoba dari dalam Lapas, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bogor tes urine ratusan napi dan tahanan di Lapas Kelas II A Paledang Kota Bogor, Senin (16/04/18).

Selain melakukan tes urine, petugas BNNK Bogor juga melakukan penggeledahan di seluruh sel tahanan dalam lapas.

Hal itu dilakukan untuk memastikan, informasi yang beredar bahwa ada peredaran narkoba di dalam lapas tersebut.

Kepala Lapas Paledang Kelas 2A, Gunawan Sutrisnadi menyebutkan penghuni lapas yang dites urine sebanyak 205 orang terdiri 120 tahanan laki-laki dan 85 orang tahanan perempuan.

Mereka yang dites urin sambung dia, adalah warga binaan dan tahanan yang terlibat kasus narkoba.

“Untuk tahanan pria yang dites urine secara acak, yang dicurigai saja, jadi tidak semua,” kata Gunawan.

Menurutnya, apabila ada warga binaannya positif narkoba atau menyimpan narkotika, maka akan diserahkan ke BNNK untuk ditindak lanjuti.

“Kami tidak ada toleransi dengan narkoba, kalau ada yang positif kami serahkan ke BNN, termasuk juga sipir nanti akan kita tes urine,” tegasnya.

Sementara Kasi Berantas BNNK Bogor Kompol Supeno mengatakan dari hasil tes urine, tidak ditemukan penghuni lapas positif memakai narkotika.

Apabila ada warga binaan positif maupun memiliki narkoba kata dia, maka pihaknya akan memprosesnya secara hukum.

“Tadi ada seorang perempuan positif terkandung zat alkohol, tapi ini dari fermentasi karena ngakunya habis makan tape,” ujar Supeno.

Dan apabila ada penghuni lapas positif narkoba atau menyimpan dan memiliki barang haram tersebut. Ia menegaskan pihaknya akan memproses pelaku sesuai hukum berlaku.

“Jika ada yang positif, kita proses atau direhab,tapi faktanya has tes belum ditemukan yang menggunakan narkoba,” pungkasnya.

Komentar
Loading...