BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Ciptakan Keadilan Dalam Dunia Usaha, KPPU Terus Berantas Kejahatan Kartel

0 31

BogorOne.com | Kota Bogor – Pemberantasan kejahatan kartel menjadi pokus utama Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) RI dalam menstabilkan dunia usaha di Indonesia.

Alasannya, karena peran kartel dalam penentuan harga barang menjadi persoalan uang merugikan konsumen dan hal itu bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Contohnya adalah soal harga atau ketersediaan komoditi yang sering dimainkan melalui peran kartel dan oknum-oknum lainnya, sehingga harga jauh melambung tinggi dari harga normal.

Komisioner baru yang juga Jubir KPPU Guntur Saragi mengatakan,
sebagai lembaga negara, KPPU punya kewajiban menjadi wasit, penengah diantara stakeholder dalam dunia usaha, baik pemerintah atau swasta praktek kartel kepada masyarakat.

“Kami KPPU-RI ingin menciptakan kondisi pelaku usaha yang sehat,” kata Guntur di Sukasari, Kota Bogor, Rabu (04/07/18).

Namun lanjut Guntur, untuk mewujudkan itu pihaknya tidak bisa bergerak sendiri karena tidak punya kewenangan dalam menentukan kebijakan. Dan kewenangannya hanya sebatas mengeluarkan rekomendasi.

“Hal ini tidak mudah, karena praktek monopoli atau kartel cenderung ada terus menerus,” ujarnya.

“Apalagi, kami tidak bisa menyadap, tidak bisa menyita. Maka dukungan masyarakat, termasuk media, penting dalam mengawal situasi dunia usaha. Sehingga kami bisa memberi rekomendasi kepada pemerintah,” pungkas Guntur. (As)

Komentar
Loading...