BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Direktur BIF : Mahasiswa Bogor Barat Minim Kajian

0 86

 

BogorOne.com – Leuwiliang – Pengembangan kualitas sumber daya manusia menjadi jawaban atas proses pembangunan dan kemajuan suatu daeraha atau bangsa.

Salah satu asset sumber daya manusia adalah generasi muda yang didalamnya ada pelajar dan mahasiswa.

Sayangnya, hari ini masih banyak mahasiswa Indonesia yang terjebak hanya dalam rutinitas, hal itu diungkapkan Direkur Eksekutif Bogor Idea (BIF) Forum Ade Irawan saat didaulat mengisi sarasehan dan pelantikan HMI MPO Komisariat STIKP Muhammadiyah di Aula Kecamatan Leuwiliang, Minggu (29/07/18).

“Hari ini banyak kita lihat pelajar dan mahasiswa kita menghabiskan waktu bukan diruang kajian, namun di ruang-ruang yang tidak memberikan edukasi tambahan. Bahkan, ada yang hanya datang ke kampus masuk kelas ngisi absen dan pulang kuliah begitu saja,” kata Ade.

Padahal sambung dia, ada banyak cara dan kesempatan yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mengisi ruang intelekualitas dan mengasah kemampuan dan kepekaan social terhadap masyarakat.

“Sejatinya mahasiswa adalaha agent of change (Agen perubahan), artinya mahasiswa juga selain mengisi diri dengan keilmuan wajib juga peka terhadap keadaan sekitar di masyarakat,” tandasnya.

Untuk itu, mahasiswa juga diminta memahami tridarma perguruan tinggi sehingga akan ada proses saling mengisi satu sama lain, dimana ada proses pendidikan dan pengajaran, proses penelitian dan pengembangan serta proses pengabdian masyarakat.

“Tinggal sekarang mahasiswa atau pemuda mau tidak terjun dimulai dengan mengisi kemampuan diri, mengasah keilmuan kemudian mengaplikasikannya kepada mayarakat. Karena ruang untuk hadirnya mahasiswa sangat terbuka luas,” imbuhnya.

Sementara itu, Tokoh Muda Bogor Barat Azwar Anas mengapresiasi mahasiswa di Bogor Barat yang kini mulai sadar atas ketertingalan dalam berbagai persoalan, terutama minimnya ruang kajian atau diskusi-diskusi antar mahasiswa.

“Kita mulai lihat geliat tersadarnya mahasiswa dan pemuda untuk kembali ke ruang kajian mulai terlihat, semoga ini menjadi awal bahwa mereka juga harus bisa mengaplikasikan tri darma perguruan tinggi, tanpa meninggalkan kewajibannya sebagai mahasiswa,” kata Azwar. (Dei)

Komentar
Loading...