BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Disnaker Kota Bogor Latih Puluhan Buruh Berwirausaha

0 105

 

BogorOne | Kota Bogor – Sedikitnya 50 orang buruh di Kota Bogor dari berbagai aliansi mengikuti pelatihan berwirausaha yang difasilitasi Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bogor di Cibogo, Kabupeten Bogor, Kamis 3 Mei 2018.

Kepala Disnaker Kota Bogor, Samson Purba mengatakan, bahwa kegiatan pelatihan tahun ini sangat berbeda. Karena pada tahun ini para buruh diberikan pelatihan keterampilan membuat sabun dan minyak wangi.

“Tahun ini materinya adalah persiapan purna kerja para serikat pekerja. Jadi setelah mereka selesai bekerja, kemana mereka. Jenis pelatihannya adalah pembuatan minyak wangi,” kata Samson.

Samson juga menjelaskan, bahwa pelatihan tersebut diberikan agar para buruh memiliki persiapan saat memasuki masa pensiun, minimal.mereka memiliki keahlian dan mampu berketerampilan.

“Mereka nantinya sudah pensiun paling sedikit menumbuhkan jiwa wirausaha usaha,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPC SPN Kota Bogor, Budi Mudrika menyambut baik kegiatan tersebut.

Menutut dia, programnya bagus dan sangat postif, yakni membuat sabun dan minyak wangi, biasanya buruh kalau sudah pensiun jatuh miskin, karena tidak ada kesiapan.

“Kalau punya keahlian, minimal ketika pensiun dari pabrik bisa berwira usaha, dan kami harapkan ini akan berlanjut, mungkin kedepan bisa pelatihan ternak lele atau apa gitu untuk wirausaha,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Aliansi Serikat Buruh, Zulkifli mengatakan, bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi para buruh.

“Untuk hal semacam ini pendekatan-pendekatan penerintah terhadap buruh di Kota Bogor perlu diapresiasi, karena bisa bermanfaat untuk keberlangsungan ekonimi para buruh pada saat sudah tak aktif lagi diperusahaan,” tandasnya.

Komentar
Loading...