BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Empat Trik Agar Tidak Gampang Lemas Saat Jalani Puasa

0 36

 

BogorOne.com | Cibinong – Puasa seringkali jadi alasan untuk menjalani aktivitas dengan bermalas-malasan. Jangan sampai kamu melakukannya juga.

Ada cara mengatasi agar kamu tidak mudah lemas beraktivitas bahkan saat menjalankan puasa seharian. Menurut dr. Dewi Ema Anindia dari Klikdokter.com, ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

1. Tidur Cukup
Saat bulan Ramadan, salah satu rutinitas malammu kemungkinan besar berubah, karena harus sahur di tengah malam. Kebiasaan ini patinya akan mengganggu siklus tidur alamimu, namun kamu bisa mengatasinya dengan cara tidur lebih awal. Tidur setelah tarawih akan membantu mencukup waktu tidur di malam hari, 7-8 jam, sehingga tetap segar saat bangun pagi.

2. Minum air putih, kurangi kafein
Daripada minum kopi yang bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan karena bersifat diuretik, lebih bijak jika minum banyak air putih selama buka puasa dan sahur. Cara ini bisa membuat tubuh terjaga dari dehidrasi. Kurangi juga minuman bersoda agar tidak gampang haus.

3. Atur pola makan
Meski sedang puasa, kamu tetap bisa mengatur pola makan. Karena lapar bisa saja membuatmu makan sembarangan, buka puasa dan sahur bisa mmebuatmu lemas karena pilihan makanan tak sehat.

Pilih makanan yang rendah lemak, kurangi gorengan dan makanan olahan. Perbanyak makanan berserat, sayuran dan buah agar bisa memenuhi nutrisi tubuh dan membuatmu tidak lemas.

4. Tetap beraktivitas seperti biasa
Selama puasa, jangan membatasi diri untuk melakukan aktivitas seperti biasa. Jangan berpikir hanya karena puasa, kamu tak bisa melakukan rutinitas.

Kenali kekuatan tubuh dan batasannya sehingga bisa memperkirakan aktivitas yang tidak membuatmu lemas. Karena terkadang banyak aktivitas justru membuatmu lupa jika sedang puasa, tiba-tiba sudah buka puasa.

Jadi, itu yang bisa kamu lakukan agar tidak lemas saat menjalankan puasa. Terapkan setiap hari agar puasa lebih menyenangkan.* (Wan)

Komentar
Loading...