BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Gilaa!!! Pelajar Jadikan Taman Heulang Arena Pesta Miras

0 65

BogorOne || Kota Bogor – Taman Heulang di Tanah Sareal Kota Bogor yang dibangun 2015, belakang ini kerap dijadikan tempat tongkrongan remaja terutama pelajar untuk mabuk-mabukan.

Kejadian memalukan itu terakhir terjadi, Rabu (17/01/18), 18 orang berstatus pelajar kedapatan oleh petugas Park Ranger tengah menenggak minuman keras jenis ciu. Ironisnya lagi, beberapa diantaranya masih mengenakan seragam sekolah putih abu-abu.

Saat diinterograsi oleh petugas taman, Satgas Pelajar, dan kepolisian setempat, mereka ada meracau. Bahkan satu orang sempat berusaha melarikan diri saat diinterograsi petugas di pos pengamanan taman.

Hal itu dibenarkan Kepala Seksi Perawatan Pertamanan pada Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Bogor Erwin Gunawan. Menurut dia, belasan remaja tersebut diciduk di hari yang sama, namun berbeda waktu.

“Jam 4 sore, ada empat orang, dua pelajar perempuan dan dua laki-laki yang tertangkap tangan sedang pesta miras,” kata Erwin, Jumat (19/01/18).

Selang 15 menit kemudian lanjut Erwin, petugas kembali menciduk 11 remaja di pinggiran Jalan Heulang. Dua orang diantaranya perempuan.

Tak selesai disitu, pukul 23.30 WIB petugas kembali menciduk 3 remaja. Seorang diantaranya perempuan.

“Dari tiga lokasi itu diindikasikan mereka membawa miras bahkan sebagian dalam kondisi mabuk. Mereka statusnya pelajar, ada yang pakai seragam putih abu-abu, ada pakai celana abu-abu saja dan ada juga pakai baju bebas,” urainya.

Ia mengakui jika taman yang ada di Kota Bogor bukan hanya sekedar dijadikan tempat berkumpul keluarga, namun juga kerap dimanfaatkan oleh kalangan remaja khususnya pelajar untuk berpacaran hingga mabuk-mabukkan.

“Petugas sering menemukan botol air kemasan atau gelas plastik bekas tempat miras di area taman. Sebulan bisa menemukan 5-6 kali,” ungkap Erwin.

Untuk mengantisipasi hal serupa, lanjut Erwin, dinas terkait melalui Park Ranger akan rutin melakukan patroli di sejumlah taman, terutama jelang petang hingga malam hari.

“Petugas taman akan selalu memeriksa setiap ada remaja yang membawa minuman kemasan pakai kantong plastik hitam. Kalau mereka berkumpul, diminta untuk pulang,” tuturnya.

Diakuinya, karena masih kurangnya SDM, dari total 27 taman di Kota Bogor hanya beberapa taman kota yang dijaga 24 jam oleh Park Ranger. Seperti Taman Sempur, Kencana, Heulang, Peranginangin, Bogor, Malabar, Bala Wangi, Palupuh, Cipaku dan Air Mancur.

“Jadi memang perlu ada peran aktif juga dari masyarakat ketika mendapati ada gelagat negatif dari para remaja yang kumpul di taman,” imbuhnya.

Erwin menandaskan, berkaitan dengan belasan remaja yang terciduk petugas Park Ranger, sudah diserahkan ke Satgas Pelajar dan kepolisian.

“Satgas dan Polsek mendata mereka dan kemudian dipanggil para orang tuanya,” jelas Erwin. (HRS)

Komentar
Loading...