BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Jaga Integritas UNBK Sebagai Syarat Mutu Pendidikan

0 16

 

BogorOne | leuwiliang – Kepala Bidang (Kabid) madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat Abudin memantau langsung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) MAN 2 Bogor, Rabu (11/04/18).

Dalam monitoring ini dirinya melihat beberapa aktivitas kelas dan sesi UNBK 2018 di MAN yang ada di Ujung Barat Kabupaten Bogor ini.

“Secara keseluruhan pelaksanaan UNBK MAN 2 Bogor sudah bagus, Komponen yang ada juga sudah terpenuhi dengan baik,” kata Abudin.

Kendati begitu, dirinya mengingatkan integritas bersama, dimana bahwa UNBK ini merupakan bahan integritas bersama, artinya bukan hanya siswa yang berujian namun seluruh pemangku kepentingan mulai dari siswa, guru, KKemenag Kab bogor, Kanwil hingga Kemenag RI.

“Semuanya memiliki integritas yang sama, artinya tidak bisa UNBK ini hanya milik siswa, tapi milik semua,” tegasnya.

Oleh karenanya, keberhasilan UNBK ini akan menjadi catatan penting semua pihak yang terlibat. Manakala ada kegagalan tentu, ada hal yang mesti dievaluasi apa dari siswa, guru atau dari struktur yang mana.

“Ini kan nanti jadi evaluasi juga, nah evaluasi ini kan banyak itemnya. Makanya nanti kita lihat hasilnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Bogor Nani Ruhyani mengatakan, Jumlah siswa yang mengikuti UNBK 2018 sebanyak 398 orang, terbagi kedalam tiga sesi. Dan untuk server MAN 2 punya 5 server dan 3 cadangan laptop.

“Dan pelaksanaan UNBK hingga hari ketiga berjalan dengan lancar tanpa kendala semoga sesi-sesi selanjutnya berjalan dengan lancar,” kata Nani. (Dei)

Komentar
Loading...