BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Jaringan Eror Pelaksanaan UNBK Molor Dua Jam

0 27

BogorOne | Kota Bogor – Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Bogor, Senin (23/04/18) mengalami gangguan koneksivitas server hingga dua jam.

Akibat jaringan eror, para siswa terpaksa harus menunggu koneksi server kembali normal, sambil menunggu para siswa diajak untuk berdiskusi oleh para gurunya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Fahrudin mengatakan, sesuai jadwal pukul 07.15 WIB setiap siswa harus sudah berada di depan komputernya masing-masing, untuk mengikuti Pelaksanaan ujian sesi 1 yang akan dimulai tepat pukul 07.30 WIB.

Tetapi karena terkendala gangguan koneksivitas server, jam pertama ujian baru bisa dilaksanakan pukul 9.30 WIB.

“Kendala koneksi server yang menyebabkan pergeseran jam pelaksanaan ujian hingga dua jam. Ini dihari pertama UNBK,” ungkap Fahrudin.

Fahmi sapaan akrabnya kadisdik itu melanjutkan, dihari pertama dirinya memantau langsung pelaksanaan UNBK di beberapa sekolah.

Karena gangguan tersebut dirinya segera menginstruksikan seluruh sekolah yang melaksanakan giat UNBK SMP di Kota Bogor untuk menenangkan para siswanya.

“Saya mengintruksikan kekosongan waktu diisi dengan tanya jawab dan baca buku kembali sebagaimana yang dilakukan saya di SMP Negeri 3,” ujarnya.

Fahmi juga mengatakan, tanya jawab yang dilakukan untuk mengisi kekosongan, siswa siswi peserta ujian diberi pertanyaan seputar hari bumi dan lingkungan hidup.

“Beberapa siswa yang mampu menjawab pertanyaan langsung diberikan hadiah,” tambahnya.

Diakuinya, yang mengalami ganghuan UNBK tersebut bukan hanya di Kota Bogor, namun juga terjadi dibeberapa kota di Jawa Barat Kota dan Kabupaten Bogor, Bekasi dan beberapa daerah lainnya.

Karena kejadian tersebut berdampak pergeseran waktu ujian hingga dua jam, yang semestinya peserta ujian sesi 1 usai pada pukul 15.00 WIB kini mengalami pergeseran usai hingga pukul 16.30 WIB.

“Saya berharap agar kejadian seperti hari ini tidak akan terulang pada tiga hari kedepan yang mana pelaksanaan UNBK dilaksanakan mulai tanggal 23 sampai 26 April 2018,” pungkas Fahmi.

Komentar
Loading...