BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Kantor Media Digruduk Masa, Jurnalis Bogor Gelar Aksi Solidaritas

0 66

 

BogorOne.com | Kota Bogor
Ratusan jurnalis dari berbagai media cetak, elektronik dan online di wilayah Bogor melakukan aksi solidaritas dengan audensi ke Polresta Bogor Kota, Sabtu (02/05/18).

Audiensi diterima langsung Kapolresta Bogor Kota Kombes Ulung Sampurna Jaya didampingi Waka Polresta Bogor Kota AKBP Rantau Isnur Eka beserta pejabat utama Polresta Bogor Kota.

Kedatangan ratusan jurnalis ini sebagai bentuk solidaritas atas kejadian penggerudukan sekelompok massa ke salah satu kantor media lokal di Kota Bogor belum lama ini.

Dalam diskusi bertajuk solidaritas terhadap insan pers, media se-Bogor menyampaikan sejumlah poin kesepakatan kepada Kapolresta.

Menurut Koordinator aksi Solidaritas Insan Pers, Billy Adhiyaksa, ada beberapa poin yang disampaikan dalam aksi solidaritas tersebut. Pertama, menolak segala bentuk  intimidasi, kekerasan, dan persekusi terhadap insan pers.

“Kami juga meminta kepolisian menjamin kebebasan pers se-Bogor Raya sesuai Undang-Undang Pers No 40 Tahun 1999,” kata Billy.

Ke tiga, dia meminta semua kalangan untuk mengedepankan delik pers dalam menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan pemberitaan maupun kinerja pers.

Media pun sepakat menjaga martabat insan pers dengan menyajikan pemberitaan yang obyektif, berdasarkan data dan fakta serta mengedepankan unsur keberimbangan.

“Dan terakhir, mengajak semua kalangan untuk menjaga kondusifitas Bogor Raya,” kata Billy, yang diamini ratusan insan pers lainnya.

Sebagai jurnalis yang merupakan bagian dari warga negara, lanjut Billy, serta tiang keempat demokrasi, insan pers mengecam keras tindakan intimidasi, persekusi dan pembungkaman media dalam menyampaikan informasi.

“Media adalah bagian dari rakyat Indonesia dan bukan musuh siapapun. Kami adalah penyampai informasi,” ujarnya.

Sementara itu menurut Kapolresta, Kombes Ulung Sampurna Jaya, point kesepakatan yang disampaikan insan pers sudah diterima, salahsatunya sepakat menahan diri dan menjaga kondusifitas Bogor Raya.

“Mari sama-sama menjaga kondusifitas Bogor, terlebih di tahun politik. Jangan sampai tertunggangi pihak-pihak tertentu,” katanya. (As)

Komentar
Loading...