BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Kasasi Dikabulkan MA, KPPU Akan Segera Eksekusi

0 22

 

BogorOne.com | Kota Bogor – Permohonan Kasasi dikabulkan Mahkamah Agung (MA), Komisi Pengawasan dan Persaingan Usaha (KPPU) RI akan segera lakukan eksekusi.

Seperti diketahui, permohonan kasasi diajukan KPPU ke MA itu mengenai perkara kartel bawang putih yang ditangani KPPU dan telah diputus Pengadilan Negeri (PN) Jakarta beberapa waktu lalu.

Seperti disampaikan Juru Bicara KPPU Guntur Saragi, MA kabulkan permohonan kasasi KPPU RI atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara dengan putusan no.2/Pdt-sus-kppu/2015/PN.jkt.utr terkait perkara kartel bawang putih.

“Perkara ini inisiatif KPPU dalam menyikapi harga bawang putih pada tahun 2014 yang begitu tinggi, kami lakukan penyelidikan dan beberapa bulan kemudian harga turun,” kata Guntur di Sukasari Kota Bogor, Rabu (04/07/18).

Diakui Guntur, permohonan kasasi KPPU di kabulkan, tapi ia mengaku baru dapat melihat informasi tersebut dari website, tapi belum menerima salinan aslinya.

“Putsan MA pasti kami terima, kalau putusan terkait denda kepada terlapor maka kami akan eksekusi, dan tidak akan ada lanjutan penanganan perkara,” tegasnya.

Dalam menangani kasus kartel lanjut dia pembuktiannya sangat sulit. Karena setelah mendapat laporan atau temuan, pihaknya harus melakuka pendalaman, pengkajian lalu investigasi, hingga semua bukti-bukti didapat secara ril dan kongktit.

“Saat ini kasusnya dimenangkan, dan ini menjadi semangat juga bagi para penyelidik di KPPU, untuk terus membongkar cara-cara yang tidak sehat dalam perdagangan,” tandasnya. (As)

Komentar
Loading...