BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Kemenhub Larang Roda Empat Lintasi Jalur Puncak

0 205

 

BogorOne | Cisarua – Guyuran hujan yang terjadi beberapa hari belakangan di wilayah Bogor, mengakibatkan longsor di Kawasan Puncak sehingga berdampak terhadap jalur lalu lintas antara Bogor – Cianjur.

Guna meminimalisir hal-hal yang tidak terjadi, Pemerintah sepakat menutup jalur puncak selama sepuluh hari kedepan, kendaraan roda empat dilarang melintasi Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakan larangan tersebut disampaikan karena akan dilakukan perbaikan mulai dari kawasan Gunung Mas Puncak sampai dengan Ciloto, Cianjur yang menjadi titik lokasi longsor terparah. pada Selasa 6 Februari 2018.

Penutupan atau penyekatan kendaraan tersebut diambil setelah adanya kesepakatan bersama jajaran melalui rapat dengan Kementerian PU, Tim Geologi dan pihak-pihak terkait lainnya. Dari hasil rapat itu disepakati untuk menangani longsor di Puncak dibutuhkan waktu 10 hari,” kata Budi.

Dirinya melanjutkan, penutupan jalan tersebut berdasarkan masukan institusi terkait dan peninjauan di lapangan.

Penutupan tersebut juga kemungkinan bisa diperpanjang, jika upaya penanganan longsor yang diperkirakan memakan waktu lebih lama.

Masih kata dia, penutupan Jalur Puncak Bogor berlaku untuk semua kendaraan, termasuk angkutan umum. Kendaraan hanya bisa melintas sampai dengan Cisarua. Bagi warga yang ingin ke Puncak disarankan menggunakan roda dua.

“Jadi mulai hari ini sampai dengan waktu 10 hari ke depan, jalan mulai dari Gunung Mas Puncak sampai dengan Ciloto itu tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Tapi, untuk sepeda motor masih memungkinkan menggunakan jalan ini,” ujarnya.

Soal jalur alternative, dirinya menyarankan pengguna jalan dapat menggunakan jalur alternatif Sukabumi atau menggunakan jalur Gunung Putri, Jonggol, melintasi jembatan Cipamingkis. (Wan)

Komentar
Loading...