BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Ketua Gapensi Kota Bogor kembali Ditahan Polisi

0 65

BogorOne.com | Kota Bogor – Ketua Dewan Pimpinan Cabang Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (DPC-Gapensi) Kota Bogor Andre Indardri kembali ditahan aparat Polresta Bogor Kota atas dugaan penipuan 27 Juli 2018.

Menurut informasi, Ketua DPC Gapensi itu terlibat kasus penipuan proyek Tembok Penahan Tanah (TPT) atau turap di Kecamatan Bogor Barat.

Selain dugaan penipuan atas proyek turap polisi juga tengah mendalami adanya aduan masyarakat yang juga mengait nama Andre dalam penipuan proyek yang jumlah uangnya diangka miliaran rupiah.

Dikonfirmasi, Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota Kompol Agah Sonjaya membernarkan adanya penahanan ketua Gapensi Kota Bogor tersebut.

Menurut Agah, sebelum dilakukan melakukan, pihaknya telah melakukan dua pemanggilan terhadap ketua Gapensi itu. Tetapi yang bersangkutan baru pada Kamis 26 Juli 2018 mendatangi Mako Satreskrim Polresta Bogor Kota.

“Ya benar, ketua Gapensi Kota Bogor AI ditahan. Kami sudah dua kali memanggil tetapi karena alasan kesehatan yang bersangkutan tidak bisa hadir, barulah tiga hari lalu bisa hadir dan menjalani pemeriksaan,” kata Agah, Minggu (29/07/18).

Saat ditanya soal kasusnya yang membuat AI ditahan, Agah menyebutkan, kasus penipuan proyek turap di wilayah Kecamatan Bogor Barat dengan nilai uang ratusan juta rupiah.

“Jadi pelapor ini dijanjikan mendapatkan proyek turap di Kecamatan Bogor Barat, caranya dengan meyetor uang ke tersangka. Akan tetapi setelah memberikan sejumlah uang dengan nilai ratusan juta rupiah, pelapor tak kunjung mendapatkan proyek turap tersebut,” ujarnya.

“Kami tengah mendalami aduan masyarakat dengan nilai yang lebih besar atau miliaran, tersangka saat ini tetap ditahan karena kasus penipuan proyek turap. Tersangka dijerat pasal 378 KUHP tentang penipuan dan 372 KUHP tentang penggelapan,” ungkapnya.

Masih kata Agah, kepada polisi tersangka juga telah mengakui adanya modus serupa dengan nilai uang miliaran dan tersangka juga mengaku meyakinkan korban atas nama ketua Gapensi.

“Kami akan telusuri aliran uang miliaran kalau terbukti adanya aduan masyarakat itu benar. Kami tetap melanjutkan kasus ini,” tegasnya.

Diketahui AI menjabat Ketua Gapensi Kota Bogor masa bakti 2016-2021. Sebelumnya Andre juga terjerat kasus serupa dengan menjanjikan akan mengoperalihkan pekerjaan pembangunan gedung DPRD Kota Bogor dari pemenang tender ke salah seorang kontraktor yang menjadi korbannya.

Penahanan saat itu dengan dasar nomor laporan LP/333/III/2017/POLRESTA BOGOR KOTA tgl 31 Maret 2017. Pelapor an. HAIKAL. Namun saat itu Andre bisa lolos dari jeratan hukum. (As)

Komentar
Loading...