BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Ketua PDMA : Madrasah MA Wajib Jaga Tradisi

0 31

 

BogorOne.com | Nanggung – Pasca Idulfitri berbagai madrasah di Kabupaten Bogor menyelenggarakan Kegiatan Samenan. Salah satunya yang diselenggarakan MI Mathlaul Anwar Sukaluyu Kampung Sawah kecamatan Nanggung.

Tak tanggung-tanggung helatan kegiatan di akhir penghujung tahun ajaran ini digelar selama 4 hari berturut-turut.

“Samenan ini dari orangtua untuk anak dan untuk madrasah,” kata Kepala MI Mathlaul Anwar Sukaluyu Badrutaman.

Lebih jauh dia mengatakan, acara ini sebagai bentuk apresiasi kepada guru-guru yang telah mengajar selama setahun dan kegiatan ini pula sebagai bentuk perpisahan kelas atas dan kenaikan kelas.

“Di kami Pengambilan raport pun setahun sekali yang dihadiri orang tua adalah pada saat samenan ini,” ujarnya.

Diacara samenan ini, tambah dia, orang tua siswa biasanya menyediakan uang yang berlebih untuk menyawer yaitu memberikan uang dan menyebarnya diatas panggung ketika ada yang tampil dan mereka sukai.

Penampilan dipanggung didahului dengan penampilan anak-anak dimana anak-anak perkelas dilatih untuk membawakan penampilan khusus kemudian biasanya saat penampilan anak-anak mereka mereka akan maju keatas panggung dan menyebar uang disekeling anak itu.

“Setiap anak biasanya membawakan lesengan, kemudian nanti orangtua nya menyawer sebagai bentuk kebangaan anak-anaknya bisa ngaleseng,” paparnya.

Sementara itu, Ketua PD Mathlaul Anwar Kabupaten Bogor Abdul Azis Sarnata mengapresiasi apa yang diselenggarakan oleh madrasah-madrasah yang menyelenggarakan samenan.

Menurutnya, samenan ini merupakan tradisi yang turun temurun dan dari segi nilai tentu banyak manfaatnya.

“Kalau manfaat kami kira cukup banyak, kegiatan ini menjalin silaturahmi karena antara guru dan orangtua bisa berkomunikasi, dan ada harapan bangga orangtua karena bisa melihat langsung anaknya membacakan berbagai hasil pelajaran yang didapat, makanya mereka memberikan saweran. Kita lihat segi positifnya, dan akan kami dukung terus tradisi seperti ini,” kata Azis. (Dei)

Komentar
Loading...