BogorOne
Akurat dan Terpercaya

KMD Bentuk Pembina Pramuka Profesional

0 87

 

BogorOne.com | Leuwisadeng – Kelompok kerja Madrasah (KKM) MAN 2 Bogor menyelenggarakan kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) Bagi para guru madrasah dan Pembina di gugus depan yang ada di madrasah Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta dan dibuka secara resmi oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kab Bogor dan perwakilan dari Kwarcab Kab Bogor dan Pusdiklatcab Kab. Bogor, Senin (03/09/18).

“Hari ini merupakan momen penting atas kebangkitan gerakan pramuka khususnya di Gugus Depan Madrasah, karena KMD akan menjadikan pembina pramuka lebih professional,” kata Kasi Dikmad Kemenag Kab Bogor Barduzaman.

Menurutnya, KMD ini sangat penting bagi calon pembina yang akan terjun langsung di Gugus Depan, selain calon pembina diberi materi-materi yang begitu banyak dan saling berhubungan, kegiatan ini juga menunjukkan pemahaman tentang Pramuka.

“Karena sebelum peserta mendapatkan materi, terlebih dahulu diadakan Pre Test, dengan tujuan mengetahui sejauh mana pemahaman peserta KMD dan setelah semua materi disampaikan dan dipraktekkan diadakan Post Tes,” tandasnya.

Maka dengan itu KMD, sambung dia, wajib bagi pembina, dengan keikutsertaan di KMD akan menambah bekal pembina untuk membina di Gugus Depan, Pembina memiliki legalitas yang resmi sebagai seorang pembina dan pembina bisa melanjutkan tahap ke jenjang pelatih atau Kursus Mahir Lanjut (KML) yang bertujuan mencetak pelatih-pelatih yang berkualitas.

Sementara itu, Ketua Panitia KMD KKM MAN 2 Bogor Ade Irawan menyatakan, kegiatan ini dalam rangka mewujudkan peningkatakan kualitas Pembina pramuka di madrasah.

“Secara keganggotaan jumlah anggota kita banyak, Pembina pramuka juga banyak. Tapi secara mutu, tentu ini jadi perhatian kita bersama. Makanya, KMD ini langkah kita memperkuat kompetensi Pembina pramuka di madrasah,” kata Ade. (Wan)

Komentar
Loading...