BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Kreatif!!!! Lurah Cimahpar Kampanyekan 10 PHBS Di Anak Tangga

0 31

 

BogorOne.com | Kota Bogor – Hal kreatif dilakukan Kelurahan Cimahpar dalam mengingatkan masyarakat tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai gaya hidup, dengan membranding anak tangga dikantornya.

Langkah aparatur Kelurahan Cimahpar ini diapresiasi oleh Ketua TP PKK Kota Bogor Yane Ardian yang sudah meninjau langsung ke kantor Kelurahan Cimahpar.

Lurah Cimahpar, Nun Zirwan mengatakan, awal mula inspirasi memasang 10 poin PHBS tercetus dari ketua TP PKK Kelurahan Cimahpar Nilam Khairani, yang dimaksudkan sosialisasi PHBS mengena dan mudah diingat oleh masyarakat.

“Tangga kelurahan ini sering dilintasi oleh semua orang, terlebih tangga ini letaknya menuju aula kelurahan yang sering dipakai kegiatan oleh masyarakat. Jadi kalau mau melewati tangga bisa membaca dahulu 10 poin PHBS,” kata Lurah kemarin

Zirwan menuturkan, apabila sosialisasi PHBS hanya dengan poster didepan ataupun di kaca jarang orang melihatnya. Sehingga dengan hal ini sosialisasi lebih efektif dengan hasil banyak masyarakat yang menerapkan PHBS.

“Saya melihat dengan susunan tangga seperti saat ini menarik perhatian masyarakat, tangganya juga lebih terleihat estetika,” tambahnya.

Menanggapi hal itu, Ketua TP PKK Kota Bogor Yane Ardian mengatakan, ada 10 indikator PHBS yang harus disosialisasikan kepada masyarakat, dikampanyekan secara benar agar pola hidup masyarakat bisa diubah sedikit demi sedikit.

“Nah sosialisasi branding tangga oleh pak lurah Nun Zirwan di Kelurahan Cimahpar saya apresiasi, setiap hari kegiatan masyarakat ke aula turun naik. Jadi pastinya terbaca, mudah-mudahan bisa diaplikasikan dimasyarakat,” ungkap Yane

Menurut Istri Wali Kota Bogor Bima Arya itu, tugas PKK di Pokja 4 juga mengkampanyekan PHBS, yang paling sulit indikator PHBS diterapkan oleh masyarakat adalah mengkonsumsi buah-buahan.

“Aplikasi indikator PHBS yang sulit merokok didalam rumah, kendalanya bapak-bapak tidak mau merokok diluar. Karena itu saya sarankan istri menyiapkan asbak didepan rumah saja, tidak didalam rumah,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Bogor Utara, Atep Budiman mengatakan, inisiatif Lurah Cimahpar baru pertama kali dilakukan di Kota Bogor, caranya unik dengan menyulap tangga dengan tempelan stiker 10 indikator PHBS. Dari lantai satu ke lantai atas aula berurutan indikator PHBS.

“Kelurahan Cimahpar juga tengah digarap menjadi kampung KB di Kampung Babakan. Kami juga membangun beberapa infrastruktur mendukung PHBS seperti MCK komunal. Dengan hal ini masyarakat sadar dengan PHBS,” ungkapnya. (As)

Komentar
Loading...