BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Lemah Pengawasan, Obat Golongan G Dijual Bebas di Cibungbulang.

0 361

 

BogorOne.com | Cibungbulang –
Obat-obatan berkategori G atau obat keras masih beredar bebas di Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Ironis, maraknya penjualan obat itu diduga ada aparat yang membekingi setiap pemilik toko obat.

Padahal obat jenis ini, dilarang untuk dijual secara bebas serta penggunaannya harus menggunakan resep dokter.

Menyikapi hal itu, Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Nasional Padjajaran (GENPAR), Sambas Alamsyah mengatakan, apotek dan toko obat telah diatur dalam perundang-undangan yakni UU Obat Keras(st. 1937 no 541), UU no 36 thn 2009 tentang Kesehatan dan UU no.35 thn2009 tentang narkotika.

“Padahal Izin Apotek pada suatu tempat tertentu, diberikan oleh Menteri Kesehatan kepada apoteker pengelola apotek, dan Izin apotek akan berlaku untuk seterusnya,” Ungkap Sambas, Rabu, (10/10/18).

Tetapi izin apotek kini dilimpahkan kepada Dinas Kesehatan kabupaten/kota, dan pasal 7 Tentang pemberian izin Apotek.

Menurut ahli kesehatan yang enggan disebutkan namanya, Ada tiga golongan didalam aturan penjualan Obat – obatan yang dijual apotek dan toko obat pada umumnya.

“Pertama Obat bebas artinya obat yang biasa dijual pada umumnya seperti dijual diwarung-warung, kedua bebas terbatas obat yang dijual bebas tapi dibatasi dan ketiga terbatas(obat keras) yang diharuskan memakai resep dokter,” paparnya.

Hasil Penelusuran LSM GENPAR dilapangan bahwa banyaknya toko obat yang menjual obat-obatan tanpa adanya resep dokter dan dijual secara sembarangan.

Sehingga pihaknya menduga, adanya dugaan oknum yang membekingi, sehingga apoteh dan toko obat bisa bebas beroperasi.

“Kaya ada yang membekingi, soalnya aman-aman saja tidak ada yang kontrol sama sekali, ini sih cuma kecurigaan saya saja”. ujarnya

Untuk itu Sambas, meminta kepada aparat dan dinas terkait menindak tegas bagi apotek dan toko obat yang menjual Obat keras tanpa adanya resep dokter dan Apotek atau toko obat yang tidak punya Izin.

Sementara itu saat dikonfirmasi via WhatsApp, Kapolsek Cibungbulang, Kompol Agus Suyandi menyampaikan, pihaknya akan memerintahkan anggotanya untuk melakukan penyelidikan atas informasi yang diterima.
(Haidy Arsyad)

Komentar
Loading...