BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Melalui BTT, Pemkot Kucurkan Rp500 Juta Untuk Sewa Rumah Korban Kebakaran

0 50

BogorOne | Kota Bogor – Pemerintah Kota Bogor melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan mengucurkan dana Rp500 juta bersumber dari Belanja Tidak Terduga (BTT).

Dana tersebut akan digunakan untuk sewa kontrakan bagi warga yang terdampak bencana kebakaran di Kampung Gudang RT05 RW 01, Kelurahan Gudang, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Hal itu disampaikan Asisten Umum Setda Kota Bogor Hanafi usai rapat dengan jajaran dinas terkait di posko pengungsian SD Negeri Empang, Rabu 27 Desember 2017.

“Sejak terjadi kebakaran kita sudah intervensi, dan sampai hari kita sudah bisa mencairkan dana BTT Rp500 juta untuk tanggap darurat bencana termasuk disitu untuk kontrak rumah bagi warga terkena musibah,” kata Hanafi.

Berdasarkan hasil inventarisasi terakhir lanjut dia, korban bencana kebakaran di Kampung Gudang tercatat 219 jiwa dari 62 kepala keluarga (kk) dengan 33 rumah mengalami kerusakan.

“Untuk kontrak rumah minimal 3 bulan, dan maksimalnya 5 bulan. Kita berikan satu bulannya Rp750 ribu untuk 1 kepala keluarga dikali 5 bulan. Yah, untuk lokasi mereka yang memilih sendiri,” urainya.

Hanafi menambahkan, adapula alternatif lain yang disediakan oleh pemerintah, bagi korban yakni Rusunawa Cibuluh dengan kapasitas 180 unit hunian.

Selain bantuan ini, kata Hanafi, Dinas Pendidikan juga melakukan invetarisir ijazah anak-anak termasuk orang tua korban bencana kebakaran.

“Pencairan secepatnya dilaksanakan maksimal dua hari kedepan. Sedangkan untuk teknis penyaluran oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” pungkasnya.

Komentar
Loading...