BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Melalui Pameran di Puncak HPN, PWI Suguhkan Sejarah Perjalanan Insan Pers

0 133

BogorOne | Kota Bogor – Berbagai karya foto dan perangkat jurnalis tempo dulu dipamerkan dapam pameran bertajuk “Kilas Balik Insan Pers Antar Waktu”. Acara ini digelar dalam puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) ke-72.

Pemeran berlangsung mulai 27-28 Februari dan berakahir 1 Maret 2018 digelar di gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor, Jalan Kesehatan, Tanah Sareal, yang diketahui terbengkalai pasca ambruk tiga tahun lalu.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua PWI Kota Bogor Aritha Surbakti mengatakan, bahwa pameran karya foto dan perangkat jurnalis ini merupakan acara puncak HPN tingkat Kota Bogor tahun 2018.

“Foto kita yang dipamerkan berkaitan kegiatan wartawan baik di era 70, 80, 90 hingga masa kini dan berjumlah 50 bingkai foto,” ujar Aritha, Selasa 27 Februari 2018.

Dalam acara ini, PWI juga memamerkan peralatan sejarah untuk kinerja jurnalis. Seperti mesin ketik, pager, alat perekam kaset, telepon genggam dan laptop pertama yang muncul pada saat itu.

Aritha menyinggung kenapa pihaknya mengangkat tema “Kilas Balik Insan Pers Antar Waktu”. Menurutnya, jurnalis senior bagaimanapun turut berperan dalam dunia jurnalistik saat ini.

Karena lanjut dia, walau bagaimana pun ada peran-peran, kontribusi para sesepuh maupun senior wartawan era lalu.

“Kita tidak seperti ini kalau tidak ada mereka. Disini hanya pergeseran saja hingga membuat penggunaan teknologi membantu saat ini,” kata Ari

“Jadi intinya bagaimana kita menghargai sejarah, menghargai orang-orang tua yang notabene telah memberikan banyak hal pada kita ilmu maupun hal-hal lainnya,” pungkasnya.

Pada pembukaan pameran itu ditayangkan dokumenter karya-karya asli perjalanan insan pers dari masa ke masa di Bogor. Selanjutnya testimoni dari para tokoh pegiat informasi terdahulu.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah jurnalis dari perwakilan PWI di wilayah Jawa Barat, organisasi wartawan, Dewan Pers, unsur TNI/Polri dan tokoh-tokoh Bogor serta jurnalis media cetak, elektronik dan online.

Komentar
Loading...