BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Mudik Gratis!!! 440 Pemudik di Lepas di Jalan Kesehatan GOR Pajajaran

0 51

 

BogorOne.com | Kota Bogor – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melepas ratusan pemudik dengan tujuan Solo, Semarang dan Yogyakarta pada, Sabtu (09/06/18) sore.

Ratusan pemudik tersebut diberangkatkan menggunakan 10 armada bus yang disediakan Pemkota Bogor bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat dalam program mudik gratis.

Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman mengatakan, dalam mudik gratis Pemkot Bogor dibantu provinsi bisa menyediakan 10 bus mudik gratis, untuk membawa sedikitnya 440 pemudik.

Menurutnya, program mudik gratis itu untuk memberikan kesenangan bagi warga Solo, Semarang dan Yogyakarta yang berdomisili sudah menetap di kota hujan.

Diakuinya, syarat yang ikut mudik adalah mereka warga Kota Bogor yang memiliki KTP elektronik (KTP-el) dan pemudik itu disarankan kembali sebelum pencoblosan atau jangan sampai lebih dari tanggal 27 Juni mendatang.

Usmar juga mengingatkan, saat kembali ke Kota Bogor, para pemudik tidak membawa ‘buntut’ atau saudaranya dari kampung halaman ke Kota Bogor untuk mengadu nasib.

“Janganlah dibawa kalau tujuannya mengadu nasib,” ujarnya.

Dalam program mudik gratis tersebut, Usmar menyangkan, karena informasi ke masyarakat dinilai kurang maksimal dan waktu persiapan kurang lama. Tetapi ia berjanji kedepan akan diperbaiki.

Selain itu, ia berjanji ke depan akan mendorong stimulan para pengusaha Kota Bogor menambah armada bus mudik untuk warga Bogor yang tidak mampu.

“Ya, yang ikut mudik gratis diprioritaskan bagi warga yang berekonomi menengah kebawah. Misalnya para pedagang dan pekerjaan pabrik,” jelasnya.

Sementara Kepala Dishub Kota Bogor Rakhmawati Oetih mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi dengan berbagai cara, tetapi langkahnya dibatasi oleh kursi yang kuotanya sudah cukup dan akhirnya sosialisasi ditutup.

“Nah mudik gratis, kalau perhubungan darat dikelola pusat dan ini dari Provinsi Jawa barat. Warga Bogor juga banyak ikut mudik gratis ke kementerian perhubungan. Jalur mudik bus ada yang lewat jalur utara dan selatan, dengan tujuan mudik bisa ke semua tempat yang dilewati tetapi tujuan akhirnya saja yang di beritahu Solo, Semarang dan Yogyakarta,” katanya

Ditempat yang sama, Kepala UPTD Penyelenggaraan Prasarana Perhubungan pada Dishub Jawa Barat, Bambang Hermawan menuturkan, ada lima kota se Jawa Barat yang menyelenggarakan mudik gratis dengan tujuan keberangkatan Semarang, Solo dan Yogyakarta yakni Kota Sukabumi, Bandung, Bogor, Bekasi dan Kota Cirebon. (As)

Komentar
Loading...