BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Nah Loh!!! Sekolah Ibu Dibidik Kejaksaan

0 39

 

BogorOne.com | Kota Bogor – Pengajuan anggaran Sekolah Ibu sebesar Rp 10,2 miliar untuk kegiatan 2019 terus menjadi sorotan, bahkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor mulai gerah lantaran penyelenggaraan kegiatan yang memakan dana APBD sebesar Rp4,8 miliar di 2018, belum memiliki payung hukum yang jelas.

Kepala Seksi Intelijen Kejari Kota Bogor Widiyanto Nugroho mengatakan bahwa pihaknya masih terus mengawasi program Sekolah Ibu yang digulirkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Bahkan ia mengaku akan menyelidiki proses penyelengaraan kegiatan Sekolah Ibu 2018 yang menyerap anggaran sebesar Rp 4,8 miliar, karena diketahui belum memiliki payung hukum.

“Kami akan mengawasi dan menyelidiki soal program Sekolah Ibu,” ujar Widi, Senin (03/09/18).

Pria berkepala plontos itu mengaku akan mencari bukti awal terkait adanya penyimpangan dalam pelaksanaan program Sekolah Ibu tersebut. “Ya, akan dicari bukti awalnya dulu,” ucapnya.

Sebelumnya, Sekretaris DPN Peradi, Sugeng Teguh Santoso (STS) menyatakan bahwa program Sekolah Ibu bisa menjadi bahan penyelidikan kejaksaan. Sebab, sambungnya, seharusnya program Itu seharusnya masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), kemudian pencairan dalam penggunaan anggaran itu harus memiliki payung hukumnya.

Sekolah Ibu, kata Sugeng, programnya adalah progra PKK yang notabenenya bukan organisasi pemerintah daerah tapi kenapa pengguna anggarannya ada kecamatan.

Selain itu, sambungnya, PKK juga tidak tepat menjadi pengguna anggaran lantaran statusnya sama dengan LSM.

“Kalaupun ditaruh di PKK, dana sifatnya harua hibah. Kalau kondisi penganggaran saat ini kan ngaco, makanya kejaksaan bisa menyelidiki hal ini,” tandas Sugeng. (Fray)

Komentar
Loading...