BogorOne
Akurat dan Terpercaya

PD PPJ Bongkar Pasar Sukasari Yang Telah Lama Dikosongkan

0 43

 

BogorOne.com | Kota Bogor – Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor akhirnya membongkar bangunan eks pasar Sukasari di kawasan Jalan Siliwangi, Bogor Timur, Kota Bogor yang telah lama dikosongkan karena bangunan sudah tidak layak digunakan.

Seperti diketahui, bangunan pasar Sukasari saat ini sudah berusia 27 tahun, kodisinya sangat menghawatirkan, sehingga sejak beberapa bulan kebelakang dikosongkan karena rawan ambruk.

Kepala Unit Pasar Sukasari, Sri Karyatno mengatakan, informasi dari PD PPJ, setelah dibongkar dan diratakan di atas lahan seluas sekitar 2.400 persegi tersebut akan dibangun pusat kuliner dan tempat parkir.

“Pekerjaan sudah dimulai sejak 3 hari lalu. Sesuai perjanjian kerjasama pembongkaran selama 30 hari kerja dengan pelaksananya PT. Roket,” kata Sri, Kamis (26/07/18).

Dijelaskan Sri, bahwa terdapat 22 pedagang bunga termasuk kuliner di area sekitar dipindahkan ke depan eks Plaza Shangri-La.

Sedangkan 160 kios dan 31 los berada di pasar Sukasari telah lebih dulu direlokasi ke dalam eks Plaza Shangri-La pada Februari 2018.

Sementara Direktur Operasional PD PPJ Syuhairi Nasution mengatakan, untuk pembongkaran bangunan tersebut pihaknya melelangkan dan dari 4 perusahaan yang ikut lelang satu perusahaan yang menang yakni PT.Roket dengan nilai pemawaran sekitar Rp 130 juta,

Lebih lanjut, syuhairi menuturkan, pembongkaran Pasar Sukasari merupakan dari perencanaan yang kedepan pihaknya berencana mengubah wajah kawasan pasar Sukasari dengan membangun pasar bersih dilengkapi hotel dan pusat perbelanjaan modern.

“Kajian konsultan tertuang dalam feasibility study cocoknya konsep pasar Sukasari campuran, ada pasar bersih, mall dan hotel. Jadi kita akan buat di sini Sukasari Walk,” ujarnya.

Setelah dilakukan tahapan penghapusan aset pasar Sukasari, kata dia, gedung dibongkar untuk dijadikan tempat parkir dan kuliner termasuk suvenir.

Sukasari Walk sendiri akan dibangun di atas lahan sekitar 7.000 meter persegi. Nantinya pasar bersih sendiri untuk menampung pedagang eksisting pasar Sukasari. Sedangkan mall ada kemungkinan sebagian pindahan dari Plaza Bogor.

Ia juga menjelaskan, bahwa proses penghapusan aset itu sejalan dengan target sambil pihaknya menunggu hak guna bangunan (HGB) berakhir pada Oktober 2019 mendatang. “Jadi begitu (HGB) habis kita bisa langsung start,” ujarnya.

Masih kata Syuhairi, bisa saja dipercepat lantaran pemilik HGB Plaza Shangrila sudah menyerahkan kepada PD PPJ termasuk kesiapan dari ruko-ruko sekitar pasar Sukasari menyerahkan sebelum berakhirnya masa HGB.

“Ya, untuk kebutuhan biaya pastinya cukup besar diperkirakan Rp400-an miliar. Jadi tidak mungkin menggunakan APBD melalui dana PMP, akan dipihak ketigakan,” pungkasnya. (As)

Komentar
Loading...