BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Pergantian BPD Jelang Pilkades Menuai Protes

0 195

 

BogorOne.com | Ciampea – Pembentukan panitia pemilihan calon Kepala Desa Tegal Waru Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor menuai protes, pasalnya sebelum pembentukan panitia telah terjadi pergantian ketua BPD yang diduga dilakukan secara sepihak.

Sebelumnya, pembentukan panitia Pilkades telah dilaksanakan bahkan dihadiri Muspika, BPD ,RT/RW, Tokoh beserta warga masyarakat Senin, (09/07/18).

Namun hal ini mendapat protes dari Ketua BPD terganti Sambas Alamsyah. Dirinya mempertanyakan statusnya yang telah digantikan secara sepihak oleh kepala desa.

“Pergantian ketua BPD oleh Kepala Desa Khaerudin dan sekarang mengangkat Ketua BPD Baru Asep Saepul Hidayat disinyalir tak sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata Sambas, Kamis, (12/07/18).

Diakuinya, sampai saat ini dirinya tidak pernah merasa mengundurkan diri dari ketua BPD, tapi tiba – tiba seorang Asep yang dulu wakil sekarang diangkat dan menjabat Ketua BPD.

“Saya anggap hal tersebut Ilegal dan Cacat hukum,” ujarnya.

Masih kata dia, pada saat menjabat Ketua BPD Sambas sering diminta untuk menandatangani LPJ Desa Tegal Waru, namun ditolaknya padahal dirinya selaku Ketua BPD punya hak untuk mengetahui Anggaran Desa yang sebenarnya sebagai Evaluasi LPJ .

“Hal itu dilakukan bukan sekali saja bahkan berulang ulang kali,” tuturnya.

Sementara itu, menurut Andri Suryadi Tokoh Pemuda Kecamatan Ciampea yang juga mantan Ketua PK KNPI Ciampea menjelaskan, mekanisme pergantian Ketua BPD tertuang dalam permendagri No 110 Tahun 2016 Pasal 30.

Dalam permendagri tertuang bahwa pimpinan dan ketua bidang sebagai mana dimaksud dalam pasal (29) Ayat (1) untuk ketua yang terpilih ditetapkan oleh keputusan BPD.

Selain itu , keputusan BPD sebagai mana dimaksud dalam Ayat (1) mulai berlaku setelah mendapatkan pengesahan camat mengatas namakan Bupati/Wali Kota.

“Selama SK yang bertanda tangan bupati melalui camat masih dipegang, selama itu pula jabatan ketua BPD masih melekat secara de jure,” jelasnya. (Haidy Arsyad)

Komentar
Loading...