BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Perkuat Peran Madrasah, Kemenag Kukuhkan KKM dan KKRA

0 36

 

BogorOne.com | Ciawi – Kementerian Agama Kabupaten Bogor melalui Seksi Pendidikan Madrasash terus menguatkan eksistensi lembaga pendidikan di Kabupaten Bogor.

Langkah terbaru, Kemenag Kab Bogor mengukuhkan kepengurusan Kelompok kerja madrasah (KKM) dan Kelompok Kerja Raudhatul Athfal (KKRA) di Kabupaten Bogor, mereka di kukuhkan di Aula YPI Ciawi, Jumat (13/07/18).

Kepala Kemenag Kabupaten Bogor Dadang Ramdani mengatakan, keberadaan KKM/KKRA sesungguhnya merupakan potensi yang dimiliki Kementerian Agama khususnya madrasah untuk menjembatani permasalahan-permasalahan yang kerap muncul di pengelolaan madrasah dan RA.

“Kehadirannya sangat dibutuhkan, ingat Kemenag tidak bisa bekerja sendiri, dia butuh struktur yang menguatkan dan membangun cara-cara kerja,” kata Dadang.

Oleh karenanya, sambung dia, dengan pengukuhan ini yang juga merupakan proyek perubahan (Proper) dari kepala Seksi Pendidikan Madrasah ini harus senantiasa membentuk pola dan manajemen kerja yang baik di kalangan pengelola madrasah.

“Hubungan emosional kepala madrasah untuk maju untuk mengembangkan madrasah merupakan potensi yang harus dimanfaatkan. Karena diakui atau tidak, madrasah kebanyakan madrassah yang dikelola yayasan. Tentu ini yang harus menjadi perhatian kita bersama,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kabupaten Bogor Badruzaman mengungkapkan, proyek perubahan yang dilakukanya adalah mengoptimalisasi peran KKM/KKRA dalam penguatan lembaga madrasah.

“Artinya saya ingin mewujudkan pola berkesinambungan dalam penguatan madrassah. Apalah artinya program, ketika strukturnya tidak kuat. Dan itu saya kira ada di KKM dan KKRA dengan struktur masing-masing,” kata Badru.

Dengan optimalnya peran KKM/KKRA harapan besarnya, tambah dia, berbagai program yang ada di Kemenag bisa tersalurkan dan terkomunikasi dengan baik tanpa ada sekat yang memutus mata rantai kegiatannya.

“Berkesinambungan dalam menumbuhkan pola dan fungsi kerja, sehingga program kita mengalir dengan baik tanpa ekses,” pungkasnya. (Dei)

Komentar
Loading...