BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Pilkaos Wujudkan Demokrasi di Sekolah

0 19

 

BogorOne.com | Leuwisadeng – Perhelatan pesta demokrasi pemilihan ketua OSIS (PILkaos) MAN 2 Bogor resmi digelar di halaman MAN 2 Bogor, Sabtu (15/09/18).

Tak pelak, Pilkaos ini menjadi magnet tersendiri bagi siswa MAN 2 Bogor, ribuan siswa sejak pagi sudah mulai berduyun-duyun memadati halaman MAN 2 Bogor sebagai lokasi tempat pemungutan suara (TPS). Setidaknya 5 TPS sudah disiapkan oleh KPO MAN 2 Bogor.

Kepala MAN 2 Bogor Nani Ruhyani saat membuka perhelatan Demokrasi Pilkaos ini mengatakan, kegiatan ini merupakan miniature dalam berdemokrasi di tingkat kecil.

“Artinya, nanti anak-anak akan menghadapi kegiatan demokrasi yang lebih besar dan itu ada ditengah masyarakat, kalau hari ini hanya lingkup MAN 2 Bogor,” kata Nani.

Dirinya berharap, sebagai miniature dalam berdemokrasi pelaksanaan harus mengacu kepada kegiatan yang langsung, umum, bebas dan rahasia.

“Kegiatan ini Luber dan tidak ada paksaaan, jadi setiap siswa bisa menyalurkan aspirasinya sesusai hati nurani,” tandasnya.

Dengan cara ini, ucap dia, semoga bisa menghasilkan pimpinan yang berkualitas sehingga nantinya muncul bibit-bibit pemimpin yang sejak dini terasah dengan kemampuan dan integritasnya.

“ni juga sebagai persemaian proses kepemimpinan yang ada, jadi kalau nanti jadi pemimpin mereka sudah siap,” imbuhnya.

Sementara itu, Pembina OSIS MAN 2 Bogor Saep Sukandar mengungkapkan, hari ini merupakan pelaksaan pesta demokrasi sesungguhnya, setelah kemarin dilalukan proses orasi oleh para calon dengan penyampaian visi dan misi.

“Pilkaos ini kita mulai, kita gunakan konsep sama seperti Pemilu di Negara kita, mengapa demikian. Kita berharap nanti mereka belajar bagaimana mengaplikasikan arti demokrasi di masyarakat. Makanya kita usahakan seperti pemilu umunya,” kata Saep. (Wan)

Komentar
Loading...