BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Sampah Bekas Banjir, Mulai Dibersihkan

0 76

BogorOne | Kota Bogor – Walikota Bogor Bima Arya menggelar gerakan bersih-bersih di seluruh kelurahan yang terdampak luapan air sungai dan menggenangi rumah warga.

Kegiatan tersebut diawali Bima Arya di Kampung Lebak Pilar, Sempur, Bogor Tengah, Kota Bogor, Selasa (06/02/18).

Dalam kerja bakti itu, tampak warga setempat cukup antusias berpartisipasi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Satpol Pamong Praja, Sabhara Polresta Bogor dan pihal Kelurahan Sempur.

Di Kampung Lebak Pilar, Bima Arya mengajak seluruh relawan untuk mengangkat tumpukan sampah sisa luapan sungai.

Bahkan, Bima terlihat turun langsung mengais sampah-sampah tersebut untuk selanjutnya diangkut oleh petugas dinas kebersihan. Hasilnya, sampah yang berhasil diangkut oleh tim sebanyak dua unit truk dan dua unit pickup.

Menurutnya, aksi ini akan dilaksanakan serentak sampai beberapa hari ke depan. Ia perintahkan kepada camat lurah untuk turun ke lingkungan masing-masing.

“Dideteksi pertama, bekas dari banjir kemarin dibersihkan. Kedua yang merupakan potensi penumpukan yang mengakibatkan terganggunya aliran air juga disterilkan kembali,” ungkap Bima.

Dominan sampah yang dibersihkan adalah jenis sterofoam dan sampah plastik. Karena banyak sampah sterofoam yang mengalir dari hulu.

“Pesan kita untuk warga Bogor, jangan buang sampah ke sungai. Kurangi penggunaan sterofoam. Setiap wilayah harus rutin jumsih dan mingsih. Kemarin penumpukan sampah di Jembatan Satuduit, Warung Jambu, menimbulkan pemampatan terhada aliran air. Jadi bisa jembol jembatannya karena tertahan oleh sampah-sampah itu,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Ganjar Gunawan mengatakan ada 19 titik yang terdampak banjir di wilayah lintasan sungai.

“Biasanya pasca terjadinya banjir lintasan tersebut mengakibatkan terjadinya genangan air dan berserakannya sampah yang terbawa hanyut arus air,” jelasnya

Jadi lanjut dia, yang dilakukan adalah pembersihan hunian, fasilitas umum, jalan lingkungan. Dan ada beberapa spot yang hari ini sangat masif oleh teman-teman di wilayah.

Pembersihan pasca banjir lintasan itu kata dia, juga disiagakan armada truk damkar untuk menyemprot bekas endapan lumpur dan genangan air.*

Komentar
Loading...