BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Soal Sewa Lahan Transmart, PDAM Tunggu Pemkot

0 30

 

BogorOne | Kota Bogor – Rencana sewa lahan untuk akses masuk Transmart Tajur, PDAM Tirta Pakuan menunggu keputusan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, dalam hal ini Walikota Bogor selaku pemilik perusahaan.

Dikonfirmasi, Dirut PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Deni Surya Sanjaya mengaku soal rencana tersebut belum ada tindak lanjut.

“Sampai sekarang belum ada perkembangan lagi, mereka (pihak transmart-red) belum datang lagi,” kata Deni usai acara temu pelanggan PDAM di Gumati Batu Tulis, Rabu (02/05/18).

Diakui Deni, sejauh ini pihaknya juga masih menunggu izin dari Pemda, apakah penyewaan lahan itu jadi atau tidak. Karena kewenangan perizinan itu sepenuhnya ada di Pemerintah Kota.

Kaitan dengan aset lanjut Deni, untuk mempertayakan status lahan tersebut, pihaknya telah mengirim surat ke Pemkot Bogor dua bulan lalu. Namun hingga saat ini belum ada jawaban.

Deni juga mengaku tidak tahu sejarah antara pihak Pemda dengan pengembang dulu. Apakah lahan itu merupakan aset Pemkot atau bagaimana. “Kami hanya tahu kalau disitu tertanam pipa PDAM,” ujarnya.

“Kalau kami ngikutin saja, jika pemda telah mengizinkan berarti semua unsur telah menyetujui, masa kami tidak mendukung. Tapi kalau kata Pemda tidak ya tidak,” jelas Deni.

Tetapi sambung Deni, pihaknya juga melakukan kajian untuk keamanan pipa, kalau memang jadi disewakan maka pihanya meminta pipa itu diproteksi, sehingga aman dari gesekan dan beban kendaraan yang nantinya melintasi pipa.

“Ya, kami telah melakukan kajian, kalau itu jadi di sewakan kami minta itu diproteksi, pipa itu diprotek pake beton yang bertulang, sehingga jika terjadi kendaraan lewat bebanbya tidak menyentuh pipa. Itu spek kami, dan jika itu tidak dilakukan maka lebih baik tidak disewakan,” tandasnya.

Deni menambahkan, bentangan lahan itu sekitar 100 meter, tapi tidak semua pakai, karena hanya untuk akses keluar dan masuk saja. Dibawah itu ada dua pipa steel berukuran besar yang dipasang tahun 1975 dan 1996.

“Sebetulnya pipa steel lebih rigit, tapi itu tetap harus di proteksi supaya tidak beresiko, karena pipa itu menyuplai sekitar 80 persen pelanggan PDAM di Kota Bogor,” pungkas Deni

Komentar
Loading...