BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Tim P2WKSS Tingkat Provinsi Verifikasi Desa Situ Daun

0 51

BogorOne | Tenjolaya – Program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) digagas untuk memberikan kesempatan kepada kaum perempuan untuk mengembangkan potensinya dalam mengelola sumber daya alam dan lingkungan.

Tujuannya, agar mampu mewujudkan keluarga yang sehat sejahtera dan bahagia serta aktif berpartisipasi dalam pembangunan desa.

Hal itu diungkapkan Ketua tim verifikasi lokasi binaan P2WKSS Tk. Provinsi Jawa Barat, Sursilah Yani Yulianingsih, saat melakukan verifikasi di Desa Situ Daun, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Senin (12/03/18).

“Program ini digagas untuk membantu percepatan pertumbuhan penduduk dan juga untuk mempercepat pembangunan infrastruktur, seperti rumah tidak layak huni, fasilitas jalan serta perbaikan lingkungan hidup,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, untuk mewujudkan pembangunan perlu melibatkan peran wanita.

“Keterlibatan kaum wanita suatu keniscayaan, peran wanita dibutuhkan, apalagi sekarang marak pelecehan seksual kepada anak. Kita harus mencegah sebelum menimpa anak kita,” ungkap Yani.

Sementara itu, Staff Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan Kesra Kabupaten Bogor H. Azzahir dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada tim verifikasi tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Saya ucapkan selamat datang kepada ketua tim verifikasi beserta rombongan di Desa Situ Daun, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, dimana desa ini ditunjuk sebagai desa binaan dalam program P2WKSS tahun 2018,” ujarnya.

Ia memaparkan bahwa kondisi awal Desa Situ Daun dengan jumlah penduduk cukup padat dan mayoritas adalah pra KS (Keluarga Sejahtera) dan KS 1 dalam 1 hamparan di tengah lingkungan kumuh dan kondisi rumah yang tidak layak huni

Selain itu lanjut dia, mayoritas masyarakat tidak memiliki MCK dan sumber air bersih, serta belum dimanfaatkannya sarana kesehatan secara maksimal.

“Mencermati kondisi tersebut saya harap setelah dilakukan langkah-
langkah pembinaan secara bersinergi, masyarakat Desa Situ Daun, Kecamatan Tenjolaya akan memiliki akses yang lebih terbuka terhadap kehidupan yang lebih berkualitas, khususnya dalam aspek pendidikan, kesehatan dan daya beli yang merupakan indikator angka IPM,” harapnya. (Dei)

Komentar
Loading...