BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Tingkatkan Edukasi dan Profesionalisme pers, PWI Kota Bogor gelar Konferensi di Kampus Pakuan

0 36

 

BogorOne.com | Kota Bogor – Panitia Konferensi Cabang (Konfercab) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pengurus Kota Bogor, selenggarakan konfcab di gedung rektorat Universitas Pakuan, pada Senin, 25 Juni 2018, kemarin.

Kenferensi mengusung tema, “Menjaga Kebersamaan Untuk Meningkatkan Kualitas dan Profesionalme Insan Pers”. Acara yang di gelar di Universitas Pakuan itu, sebagai simbol sinergiritas antara dunia jurnalistik dengan dunia pendidikan.

Bukan tanpa alasan, tetapi bertujuan kedepan semua wartawan PWI lebih mengedepankan nilai edukasi, bijak berintelektual dan tentunya menyajikan pemberitaan yang sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik atau KEJ.

Ketua panitia Konferensi, Edwin Suwandana mengatakan, alesan memilih kampus sebagai tempat berlangsungnya konfercab karena memiliki dasar dan tujuan yang jelas.

Pertama, penyajian pemberitaan yang di tulis oleh wartawan PWI Kota Bogor, wajib sesuai dengan KEJ karena mayoritas wartawan pasti keluaran universitas, sebagai wadahnya pencitak kaum akademisi.

Kedua, pemberitaan pun harus bijak dan berimbang serta memberikan edukasi positif untuk masyarakat, itu ditekankan karena wartawan secara profesionalisme memiliki daya intelektual dan pemikiran yang luas.

“Kita sinergikan dunia pendidikan dengan Jurnalistik. Selain itu, dari kampus pula akan lahir generasi ke genarasi insan pers kedepan, untuk penyajian pemberitaan yang baik dan benar sesuai KEJ,” katanya, di aula gedung baru PWI Kota Bogor, Senin 25 Juni 2018.

Sementara itu, Rektor Universitas Pakuan, Bibin Rubini menuturkan, keberadaan wartawan sangat penting, sehingga dengan wadah PWI Kota Bogor ini, para wartawan harus semakin maju berkembang dan profesional, dalam sama-sama mengedukasi masyarakat dalam setiap pemberitaannya.

“Wartawan ini memiliki peran sangat penting. Saya anggap, para wartawan itu profesinya setara dengan dosen atau guru, yang dapat memberi pembelajaran dan fehaman kepada masyarakat lewat media. Semoga para wartawan semakin maju dan berkembang sesuai dengan perkembangan jaman,” ujarnya, saat memberikan sambutan, selaku tuan rumah terselenggaranya Konfercab PWI Kota Bogor 2018.

Hal senada dikatakan oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, pembangunan dan kemajuan yang berjalan di Kota Bogor, tidak terlepas dari peranan wartawan dan media.

Menurutnya, karya jurnalistik para wartawan adalah hal yang paling penting menjadi referensi, acuan dan penijauan terhadap program-program pemerintah.

“Setiap sudut Kota, apapun itu tidak terlepas dari mata kamera dan pena wartawan, terutama dalam pengawasan program dalam pembangunan Kota. Saya berharap pemerintah dan PWI selalu bersinergi untuk sama-sama membangun dan memajukan Kota Bogor,” pungkasnya. (As)

Komentar
Loading...