BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Tingkatkan Nilai Ukhuwah, Siswa MAN 2 Bogor Adakah Rihlah

0 64

 

BogorOne | Leuwisadeng – Guna meningkatkan kecintaan akan ciptaan serta keragaman Indonesia, Siswa MAN 2 Bogor mengadakan Rihlah Ilmiah ke Daerah Cirebon dan Jogjakarta.

Menurut Ketua Panitia Rihlah Man 2 Bogor Hendra, Dalam kehidupan manusia di dunia, Islam selalu menyerukan agar manusia dalam bepergian dan bergerak menghasilkan kebaikan dunia dan akhirat.

“Dari pemahaman itu, kita ingin mendapatkan nilai plus pada rihlah. Jadi bukan hanya kesenangan saja yang didapat dari rihlah itu tetapi pahala atau ganjaran dari Allah SWT serta nilai-nilai ilmiah dalam rihlah ini,” kat Hendra.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Bogor Nani Ruhyani mengatakan, Kegiatan ini merupakan wahana mengenalkan berbagai pendidikan yang selama ini telah diajarkan dilingkungan madrasah mulai dari pendidikan aqidah ahlak, sejarah, fiqih dan al quran hadist.

“Jadi, kita praktekan nilai-nilai pelajaran apa saja yang sudah diajarkan kepada anak, dan rihlah menjadi bagian penting memaknai semua pemahaman pelajaran yang sudah diajarkan,” kata Nani.

Menurutnya, Rihlah ialah perjalanan mentadabburi alam dengan maksud dan tujuan yang baik dan di dasarkan niat kepada Allah SWT.

Selain itu juga memiliki beberapa manfaat diantaranya, Menguatkan rasa solidaritas antara guru dan siswa, Mengukuhkan rasa ukhuwah dan Membangun kebersamaan atau rasa peduli terhadap sesama.

“Ada nilai yang ingin kita capai, Rihlah bersama guru dan siswa akan meningkatkan hubungan silaturahmi. Apalagi jika dalam rihlah kita bisa saling bantu membantu untuk mempersiapkan keperluan rihlah secara bersama dan sebagainya, tentu akan lebih meningkatkan rasa kerja sama dan ukhuwah di antara kita,” imbuhnya. (Dei)

Komentar
Loading...