BogorOne
Akurat dan Terpercaya

USBN Jadi Penentu Kelulusan Siswa

0 93

 

BogorOne | Leuwisadeng – Ribuan siswa Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Bogor mengikuti ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2018. Tak terkecuali di Madrasash Aliyah Negeri (MAN) 2 Bogor, sebanyak 398 siswa mengikuti USBN 2018.

Sejak pagi segala kesiapan anak-anak sudah di lakukan di Man yang terletak di wilayah Barat Kabupaten Bogor ini. Kegiatan diawali dengan apel kesiapan siswa untuk mengukti USBN ini.

“Kita cek kesiapan semua panitia dan siswa melalui apel ini, karena kita ingin tahu semua komponen kesukseskan USBN ini,” kata Kepala MAN 2 Bogor Nani Ruhyani.

Lebih jauh dia mengatakan, USBN menjadi komponen penting dalam penilaian akhir siswa karena memang secara mekanisem ada perrubahan jadwal pelaksanaan. “Tahun ini USBN didahulukan, artinya ini untuk memudah cara kerja guru dalam menilai siswa,” tandasnya.

Menurutnya, juga Salah satu tujuan sistem seperti ini adalah agar guru lebih berperan dalam evaluasi siswa, khususnya dalam membuat soal.

“Kami nilai dengan USBN ini guru semakin memahami tentang standar isi, standar evaluasi, terutama standar kompetensi lulusan yang diharapkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Waka Kurikulum MAN 2 Bogor Tulus Pamuji mengatakan, USBN merupakan salah satu komponen dalam penilaian kelulusan siswa.

“Jadi, kita sudah wanti-wanti kepada para siswa untuk serius mengikuti USBN ini karena ini merupakan penilai kelulusan siswa. Dan kami kira anak-anak udah memahami hal ini, kalau soal kesiapan sejak awal kita sudah siap,” kata Tulus. (Dei)

Komentar
Loading...