BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Warga Tenjo Temukan Goa Saung

0 62

 

BogorOne.com | Tenjo – Warga Kampung Kompa Desa Ciomas Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor dihebohkan atas penemuan Goa di Kampung Kompa, Selasa (05/06/18) lalu.

Menurut warga, Goa yang ditemukan di kampung tersebut belum bisa diukur sepanjang apa dan dengan kedalaman sedalam apa, mengingat kondisi dalam goa gelap.

Kokoh seorang warga yang pertama kali menemukan goa tersebut mengatakan, penemuan goa itu bermula saat salah seorang warga hendak mencari rumput.

“Saat membabat rumput, sabit saya mengenai bebatuan yang tertimbun rerumputan serta tanah yang tandus, lalu saya mencongkel bebatuan, ternyata terbentang lubang ke dalam,” katanya.

Masih kata dia, belum bisa mengukur kedalaman goa yang ditemukannya, karena pencahayaan yang gelap dan harus menyatu dengan mengikuti atau melawan arus air.

“Warga mencoba masuk untuk menyusuri, paling baru bisa mencapai ke dalaman 30 meter dan tak bisa terus ke dalam karena didalamnya gelap sekali,” ujarnya.

Kokon menambahkan, kondisi goa yang gelap membuat ia enggan masuk untuk mengukur sejauh mana kedalaman goa baru itu.

Sampai saat ini penemuan goa masih dibiarkan, bahkan lubang masuk mulai kembali tertutup batu dan tanah.

Sementara warga lainnya, Ahan mejelaskan asal asul goa tersebut, menurut jaman dulu ada gua yang seperti saung.

Ia berharap, penemuan goa tersebut bisa di tindaklanjuti dan di inventarisasi oleh Pemerintah Kabupaten Bogor, dan dijadikan tempat wisata.

“Menurut informasi dari warga sekitar goa itu adalah Goa Saung. Ini adalah potensi, saya ingin goa ini menjadi tempat pariwisata,” harap Ahan. (Iwan)

Komentar
Loading...