BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Wowww!!! Dua Milyar Diraup Bapenda dari PBB Dalam Dua Hari

0 40

 

BogorOne | Kota Bogor – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor melangsungkan pekan panutan pembayaran Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PPB P2) tahun 2018 selama dua hari mulai 7-8 Mei di kawasan Balaikota Bogor.

Pelaksana tugas Kepala Bapenda Kota Bogor An an Andri Hikmat mengatakan, kegiatan tersebut dimaksud agar Aparatur Sipil Negera (ASN) menjadi panutan sekaligus mengajak masyarakat dalam membayar pajak lebih awal sebelum jatuh tempo.

“Ini untuk memberikan contoh kepada masyarakat selaku ASN, selaku pengusaha dalam membayar pajak sebelum jatuh tempo. Kita berharap masyarakat bisa ikut membayar PBB di pekan panutan,” kata An an, Senin 7 Mei 2018 pagi.

Menurut An an, beda dengan biasanya pada pekan panutan ini para wajib pajak akan mendapatkan berbagai doorprize menarik dengan catatan sesuai besaran pembayaran PBB.

Pihak Bapenda sendiri mematok target pendapatan dari sektor PBB mencapai Rp2 miliar dalam 2 hari pelaksanaan pekan panutan tersebut.

“Target ini didapat dari ASN, pengusaha dan masyarakat. Mudah-mudahan bisa tercapai,” imbuh An an.

Masih kata dia, sejauh ini kendala dihadapinya sehingga berdampak pada pengurangan target adalah banyaknya data-data PBB P2 yang diserahkan pemerintah pusat ke pemerintah daerah Kota Bogor beberapa tahun lalu tidak benar.

Ia menbahkan, maka tadi sampaikan tingkat kepatuhan wajib pajak baru 65 persen. Upaya kita adalah cleansing data PBB agar tunggak-tunggakan sudah tidak ada di lapangan.

“Sekarang sedang diproses 258 ribu wajib pajak di tahun ketiga untuk kepastian objek dan subjeknya. Jika tidak ada akan dihapuskan nanti di tahun 2019,” papar dia.

Sementara tahun ini, Bapenda telah menerbitkan 258 ribu Surat Pemberitahuan Pajak Tertuang (SPPT) PBB P2 dengan jumlah penerimaan sebesar Rp137 miliar.

“Tapi target kami hanya sebesar Rp117 miliar, karena yang Rp20 miliar setelah diverifikasi di lapangan itu tidak ada,” tandasnya.

Komentar
Loading...