BogorOne
Akurat dan Terpercaya

Wujudkan Tridarma Perguruan Tinggi, Mahasiswa Laa Roiba Adakan PPM

0 100

 

BogorOne.com | Leuwiliang – Masyarakat saat ini masih menjadi objek pembangunan. Namun, kenyataanya masih ada beberapa objek wilayah yang belum berkembang sesuai dengan rencana pembangunan.

Maka dari itu, Pemberdayaan masyarakat idealnya harus dilakukan dengan perbuatan konkret yang berbasis riset dan mendidik serta mencerdaskan masyarakat.

Untuk mewujudkan hal itu, Institut Agama Islam Nasional (IAIN) Laa Roiba menggelar kegiatan Program Pemberdayaan Masyarakat di 11 Desa di Kabupaten Bogor.

Ketua Program PPM IAIN Laa Raoiba khaerul Anwar mengungkapkan, Perguruan Tinggi didorong untuk melakukan pemberdayaan masyarakat sebagai wujud penjabaran dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melibatkan mahasiwa, salah satunya dengan pelaksanaan program PPM agar generasi bangsa ini memahami kondisi nyata masyarakat.

“Kami ingin program ini menjadi program nyata, artinya antara mahasiswa dan masyarakat berkesinambungan dan beriringan dalam berbagai program yang nyata,” kata Khaerul.

Dirnya berharap dengan kegiatan memberikan keteladanan dari sebuah perbuatan konkret berdasarkan praktek dan pengalaman dalam menyejahterakan masyarakat.

“Jadi, mahasiswa juga ada bekal pengalaman terjun langsung kedalam masyarakat,” imbuhnya.

Sedangkan, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Yanti Hasbian mengatakan, kegiatan ini tersebar di 11 desa kecamatan Leuwiliang dan 1 desa di kecamatan Bojonggede.

“Mahasiswa yang PPM terbagi kedalam berbagai kelompok, kita sebar sesuai dengan pilot project yang mereka bawa,” kata Yanti.

Sementara itu, Kades Cibarengkok Abdul Tawakal mengapresiasi program pemberdayaan masyarakat ini karena memang masyarakat butuh pendampingan secara riset dan motivasi dari orang-orang yang memiliki kemampuan dibidang akademik.

“Tentu, masyarakat butuh motivasi dan itu kami kira mahasiswa bisa memberikannya dengan jalan bersama-sama merancang program yang nantinya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara langsung,” kata Abdul. (Dei)

Komentar
Loading...